Semarang, Indonesia ibuprofesionalsemarang@gmail.com

Sabtu, 24 Februari 2018

Kapan Waktu Terbaik Mengajarkan Anak Bahasa Inggris?



Pertanyaan umum yang ditanyakan oleh orangtua adalah: kapan waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris? Jawaban kami adalah The earlier the better! (Lebih cepat lebih baik). Apa alasannya?

Anak-anak usia dibawah 6 tahun sangat sensitif terhadap sinyal wicara. Artinya, mereka dapat mengimitasi dan belajar aksen dengan sangat mudah. Ini menjadi alasan mengapa belajar bahasa Inggris sejak usia dini sangat dianjurkan. Berikut adalah 5 keuntungan yang dapat mereka peroleh dari belajar bahasa Inggris sejak dini:



Achieve confidence (Meraih kepercayaan diri)

Kita tahu kalau rasa percaya diri merupakan kunci dalam motivasi belajar anak. Saat anak-anak merasa kesulitan menerima pelajaran, ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan semangat belajar mereka (apapun jenis pelajarannya).

Belajar bahasa Inggris sejak dini dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah mereka kehilangan kepercayaan diri. Saat mereka memasuki dunia sekolah maka pelajaran bahasa Inggris yang diperoleh sebelumnya dapat membantu mereka mempersiapkan diri untuk pelajaran bahasa Inggris di kelas. Dengan tampil lebih unggul melalui pengalaman belajar sebelumnya tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

 Be creative (Kreatif)

Berdasarkan analisa kasus, siswa yang belajar bahasa Inggris setelah memasuki sekolah dasar memiliki kecenderungan untuk merasa khawatir salah mengucapkan kata-kata dibandingkan mereka yang belajar bahasa Inggris di usia lebih awal.

Kalau begitu, kenapa nggak ajak anak Anda “bermain” dengan kata-kata dalam bahasa Inggris saat mereka masih terbebas dengan aturan yang disebut dengan “jawaban yang benar”. Ini merupakan saat terbaik bagi mereka untuk mengeksplorasi sebuah bahasa dan menemukan caranya sendiri untuk memahami bahasa tertentu.

 Love reading (Gemar membaca)

Serial TV, film, radio and kartun merupakan media yang menarik bagi anak-anak. Ini menjadikan buku sebagai media yang tidak menarik lagi. Padahal buku merupakan media yang baik dalam memperkenalkan bahasa dan latar belakarng budaya. Sama halnya dengan koran yang merupakan sumber informasi dari perkembangan bahasa dan berita bagi warga negara.

Jika Anda mendorong si kecil untuk membaca buku bahasa Inggris sejak dini maka mereka akan memperoleh kebiasaan membaca yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Ingatlah untuk selalu memulainya dari yang termudah!

 Be outgoing (Mudah bersosialisasi)

Apakah Anda khawatir jika si kecil memiliki kepribadian yang introvert? Jika, ya ajak ia belajar bahasa Inggris! Fungsi utama bahasa adalah untuk berkomunikasi. Jika si kecil mulai diperkenalkan dengan bahasa Inggris sejak dini maka ia akan lebih percaya diri untuk berbicara dengan teman, guru bahkan orang asing.

Increase Parent-Child Interactions (Meningkatkan interaksi orangtua-anak)

Belajar bahasa Inggris memiliki keuntungan yang besar dan tidak hanya terfokus pada anak. Saat orangtua ikut serta dalam pendidikan anak maka ini dapat meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak.

Waktu Anda membantu anak-anak membaca buku komik dalam bahasa Inggris atau bermain aplikasi bahasa Inggris di iPad atau bernyanyi bersama, aktivitas ini dapat membantu memperkuat hubungan Anda dengan mereka. Manfaatkan waktu yang ada dengan mereka baik untuk membangun hubungan maupun meningkatkan kemampuan mereka!

So, lets discuss about the morning chip!

Mengatasi Bingung Bahasa dan Belajar English dari Gadget

Watching gadget makes children just see, not speak, since there is not any interaction. there's no any stimulation for them to produce speech. That's why I don't recommend using you tube (eventhough it helps) for learning.

About confusion in learning languages, yes may be some children will be confused. However, we can introduce them simple words that they see at home first. For example when we tell them to put something on the table we can say "sayang, taruh book nya di atas table dong".

Don't be afraid if they get confused, because they will also learn the words buku and meja when they interact with their friends or teacher at school.  They will automatically learn two languages (based on  Ms. Vanny's experience). 🙏🏻😊

Ms. Vanny also said that since in children innate cavity, they have competence to learn until three languages at once in their childhood. Her cousin learned 3 languages in her toddlers, and now she can speak 13 languages. 😍😍

From psychology theory, better children learn "bahasa ibu" before other language. That's prevent "bingung bahasa". Ms. Fauzia Chavitsa added a nice statement "when I studied in magister profesi psikologi, I've been researched about multilingual learning for kindergarten kids. the result, there are many factors that influence children abilities to learn another languages. the major factor is ability of mother to speak "bahasa ibu" or other language. when mother speak "bahasa ibu" or other language fluently and with correct grammar, children can learn bahasa ibu or other language too. So, before we push our children learn other language. make sure, we can speak that language too. with correct grammar 😁:

Quote of today from Ms. Vanny:

Well, we don't push children to speak correctly. I think in toddler ages, we can simply introduce them some vocabularies about the things they see at home first. Then we move to number, alphabet, animal, fruit, vegetables, etc. Yes, there are different competence in children. so, we teach them as smooth as possible.

0 comments:

Posting Komentar

Salam Kenal



Perkenalkan kami
Komunitas Ibu Profesional Semarang, blog ini berisi tentang informasi kegiatan dari komunitas kami juga beberapa artikel berkaitan dengan
women empowerment dan parenting.

Untuk bekerjasama dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di ibuprofesionalsemarang@gmail.com.

Popular Posts