Semarang, Indonesia ibuprofesionalsemarang@gmail.com

Jumat, 23 Februari 2018

Memilih dan Mengunduh Font untuk Aplikasi Phonto dan PicsArt



Hari ini kita akan belajar sedikit tentang font, cara memilih font untuk karya kita, situs penyedia font gratis, cara mendownload, dan cara menginstallnya di applikasi phonto dan picsart.

Ini ada video simple untuk para beginner, tentang font. Harap ditonton ya.. pelan-pelan aja. Videonya asik kok.


Tipografi


Sebelum lanjut ke mengunduh dan menginstal font, kita cari tahu dulu yuk tentang tipografi. Tipografi biasanya mengacu pada gaya penulisan atau seni penulisan.

Tipe jenis penulisan secara umum:
Serif memiliki gaya klasik; cocok untuk undangan, tapi bagus juga untuk koran dan majalah.
‎sans serif memiliki gaya yang lebih clean, serta lebih mudah dibaca di layar komputer, tablet, handphone. 
‎Display font (Script, Blackletter, Allcaps) adalah jenis tulisan dexorative, yang penggunaanya lebih baik hanya untuk tulisan tertentu saja (tidak semua) seperti judul, header.
Memilih jenis tulisan untuk karya kita itu penting, karena ternyata setiap font itu memiliki makna tersendiri. Jadi, kita harus menelaah dulu apa isi tulisan/ karya kita, sebelum memilih font.

Contoh: flyer seminar ilmiah tidak cocok dengan jenis font display yang full dexorative. Akan lebih cocok memakai font simple, tldan terkesan serius.

Berpikirlah Less is More saat memilih font. Gunakan 1-2 font untuk tulisanmu. Bisa juga menggunakan size, all caps, stroke, shadow, background untuk penekanan tulisan.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang font.
  • Kerning: spasi antara karakter huruf yang spesifik
  • ‎Leading: spasi antar garis tulisan (atas bawah)
  • ‎Tracking: spasi antar karakter.
  • Hierarchy: digunakan untuk mengarahkan mata pembaca, kepada tulisan yang paling penting.
Keempatnya berfungsi membuat tulisan kita lebih readable


Unduh Font dan Install Otomatis ke Phonto

Ada beberapa situs penyedia font gratis. Tapi kali ini, kita akan menuju situs dafont.com. Ini tampilan dafont.com, tinggal klik download aja.



Setelah itu kita akan mendapat file .zip. Tinggal klik aja, maka langsung ada pilihan install font ke phonto (bagi yang sudah install phonto).



Tampilan setelah di klik, lalu klik install. Selanjutnya kalau ingin mengedit text langsung aja ke phonto.



Kalo phonto file otomatis langsung ke unzip sendiri, seperti contoh di atas.

Sebelum dibagikan langkah-langkah unzip ke PicsArt, bisa dipelajari dulu ya teman-teman sampai di sini. Terutama videonya. Karena itu membantu saya banget memahami font dan penggunaannya.

Setelah itu, coba telaah lagi karya kita kemarin. Coba tanya suami/ anak tentang pemilihan font kita itu. Apakah readable? Apakah justru susah terbaca? Pendapat orang lain tentang karya kita itu penting. Kita mungkin jauh dr kata profesional, tapi paling tidak usahakan membuat sesuatu yang "diterima" oleh semua orang.

Seperti halnya situs pngtree.com kemarin, font disitus ini ada yang berbayar (donte to creator of the font) ada juga yang gratis, tapi ada beberapa yang demo aja. Nah untuk yang demo biasanya, karakternya hanya huruf aja, ga ada angka.


Install Font Unduhan ke PicsArt

Sekarang, saya bahas cara menginstal font di picsart. Caranya adalah masuk ke folder storage. Lalu klik folder download.



Ini file font kita. Berformat .zip



Klik langsung maka akan keluar pilihan berikut. Tampilan di HP lainnya mungkin berubah. Intinya sama, mau d unzip/ extract  ke folder apa file tersebut. Oleh karena itu klik kolom storage lalu nanti muncul pilihan.



Seperti ini. Pilih folder PICSART. Cari yaa.. kadang foldernya dibawah. Klik.



Lalu muncul pilihan subfolder berikut. Pilih fonts.


Nah, yang jadi masalah adalah mengeluarkan file asli dari foldernya. Karena kalau file asli masih di dalam foldernya tetep nggak bisa kebaca di picsart. Font nggak keluar. 

Ini video cara memindahkan file asli. Kalau mau gampang sih, langsung unzip di laptop, lalu copy ke folder font picsart. Selesai



Cara gampang lainnya. Buka folder phonto di storage/ file manager/ explorer, cari folder font. Copy file ttf yang berhasil kita download, lalu paste ke folder font picst art.




Kalau di folder picsArt belum ada folder Font, kita bisa buat sendiri foldernya. Caranya buka folder pics art. lewat storage/ explorer/ file manager, terus klik titik tiga di ujung kanan.



Nanti muncul pilihan create new folder.  Paste font unduhan dari phonto ke folder itu. Udah deh.



Cek font yang telah terunduh apakah benar telah terinstal di picsArt dengan mengecek di bagian my Fonts.



Tugas

A post shared by Rumbel Desain IP Semarang (@rumbeldesainips) on

Bagaimana? Mudah kan? Selamat berkarya!


0 comments:

Posting Komentar

Salam Kenal



Perkenalkan kami
Komunitas Ibu Profesional Semarang, blog ini berisi tentang informasi kegiatan dari komunitas kami juga beberapa artikel berkaitan dengan
women empowerment dan parenting.

Untuk bekerjasama dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di ibuprofesionalsemarang@gmail.com.

Popular Posts