Semarang, Indonesia ibuprofesionalsemarang@gmail.com

Jumat, 16 Februari 2018

Berkenalan dengan Desain Grafis



Rumbel Desain Grafis digawangi oleh mbak Fauzia. Ibu muda ini suka sekali dengan dunia menggambar sejak kecil. Ketika bertemu dengan Ibu Profesional dan mengikuti matrikulasi, barulah tersadar bahwa utak-atik desain grafis adalah salah satu passion-nya. Karena hal tersebut lah, mbak Fauzia didapuk menjadi ketua Rumbel Desain Grafis.

Agar ibu-ibu pembelajar di luar sana juga bisa ikut belajar, kami akan membagikan materi-materi yang dipelajari di Rumbel Desain Grafis di blog ini. Semoga bermanfaat ya. Oya, silakan untuk follow akun instagram Rumbel Desain Ibu Profesional Semarang untuk materi-materi yang paling terbaru.

Sebelum belajar macam-macam, kita berkenalan dulu yuk dengan desain grafis.


Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar. 

Saat ini, desain grafis lebih dikenal dengan “desain komunikasi visual” atau biasa disingkat dengan sebutan DKV. Disebut seperti itu karena peran desain grafis dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara sentuhan visual yang sangat kental, seperti: warna, ilustrasi, tipografi, garis dan sebagainya. Bahkan, desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan paduan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis.

Dalam Encyclopedia of Graphic Design Designers (Living Stone, 1994: 90) disebutkan, “Graphic design is generic term for the activity of combining typography, illustration, photography and printing for purposes of persuasion, information or instruction.” Artinya, desain grafis adalah proses mengombinasikan tipografi, ilustrasi, fotografi dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah. 

(Source: https://virala.id/post/apa-sih-yang-dimaksud-dengan-desain-grafis-dan-apa-pentingnya)

Jenis-jenis ilmu desain pada umumnya dibagi menjadi beberapa macam : desain gambar, desain tulisan, atau desain logo. berikut penjelasanya.

Desain Gambar

Desain visual atau yang lebih dikenal dengan desain gambar adalah suatu teknik yang dilakukan oleh seorang desainer dalam membuat dan menyusun gambar sedemikian rupa untuk menyampaikan suatu ucapan atau maksud melalui gambar.

Desain Tulisan

Berbeda halnya dengan desain gambar, desain tulisan umumnya dibuat untuk menyampaikan suatu pesan atau makna kepada seseorang atau khalayak ramai baik digital maupun visual. Desain tulisan pada umumnya mengandung banyak kata-kata yang disampaikan oleh seorang desainer. Desain tulisan dibagi menjadi beberapa bentuk seperti bentuk visual, typografi, atau tulisan tangan.

Simbol dan Logo

Jenis desain berikutnya adalah desain symbol dan logo, berbeda dengan jenis desain lainnya, desain ini bersifat khusus dan biasnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti Nike, Google, Youtube dan perusahaan lain, dan juga beberapa perusahaan kecil.

Desain ini digunakan oleh banyak orang untuk memberikan nama julukan pada produk yang dibuatnya, dengan maksud meng-identifikasi suatu nama perusahaan.

(sumber: https://kelasdesain.com/macam-macam-desain/)

Untuk triwulan pertama ini, kita akan belajar membuat desain dengan menggunakan aplikasi di Handphone.

Ada dua jenis applikasi yang akan kita gunakan yaitu picsart dan phonto

Kenapa memakai 2 applikasi tersebut? Menimbang cukup banyaknya teman-teman yang memulai dunia desain ini dari 0, maka dipilihkan aplikasi yang cukup mudah.

Untuk aplikasi PICSART maupun PHONTO bisa di download secara gratis di playstore ya.

Sekarang lanjut ke masalah vektor, dan format penyimpanan foto.

Kalau kita buka galery pasti disetiap nama foto selalu ada .jpg/ .jpeg kan? Nah itu sebenernya apa sih? Penasaran?

Banyak situs dan blog yang menjelaskan secara detail apa itu .jpg/.jpeg/.png/.TIFF dll. Serta apa itu vector maupun bitmap.

Nah berhubung penjelasannya sangat panjang, saya akan merangkumkan sedikit untuk buibu di kamar desain ini melalui infografis yang akan saya share berikut.



Sesudah membaca sekilas tentang desain grafis, applikasi yang akan digunakan dikelas ini, dan format penyimpanan gambar. Sekarang saya akan membahas sedikit tentang beberapa situs free png vector.

Jadi ada banyaak sekali loh situs-situs yang menyediakan gambar gratis untuk kita gunakan sebagai bahan desain kita. Cukup dengan register kita bisa mendapatkan gambar secara cuma-cuma, tanpa ribet. Tapi terkadang, memang terbatas ya penggunaannya. Dalam artian, sehari kita dibatasi hanya bisa mengunduh 2/3 gambar saja.

(sumber: https://www.codepolitan.com/kumpulan-situs-penyedia-gambar-vector-terbaik)

Saya pribadi lebih suka menggunakan situs pngtree.com untuk mencari gambar. Banyak gambar berformat .png dengan background transparan disana. Selain itu, situs ini juga memiliki pilihan untuk mencari background, icon dll.



Kalau buibu ingin mendapat banyak gambar bagus dan unlimited, bisa membayar. Atau cara mudahnya berganti akun Google+ atau Facebook, sehingga bisa mengunduh lebih dari dua gambar, hehe.

Tugas

Tugas hari ini adalah mendownload pics art dan phonto. 




Kemudian register di pngtree.com dan kemudian mendownload dua png vector (flower) untuk bekal materi selanjutnya.

contoh gambar png


Untuk mengecek png vector yang telah terdownload:

Coba cari di : 
1. Download manager (kalau punya) 
2. Gallery/ Photo yang folder download.
3. Saat proses download selesai, di bagian notifikasi layar hp awal itu bisa langsung klik akan keliatan gambarnya. Untuk tau tersimpan dimana, bisa klik huruf i
4. Buka folder file, klik folder download.

Selamat mencoba. Selamat mengutak-atik desain!

0 comments:

Posting Komentar

Salam Kenal



Perkenalkan kami
Komunitas Ibu Profesional Semarang, blog ini berisi tentang informasi kegiatan dari komunitas kami juga beberapa artikel berkaitan dengan
women empowerment dan parenting.

Untuk bekerjasama dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di ibuprofesionalsemarang@gmail.com.

Popular Posts