Semarang, Indonesia ibuprofesionalsemarang@gmail.com

Rabu, 21 Februari 2018

Belajar Bahasa Inggris, Siapa Takut?



Salah satu rumah belajar di Ibu Profesional Semarang adalah Rumbel English alias Bahasa Inggris. Diampu oleh ahlinya, Bu Vanny Martianova yang sehari-harinya berkegiatan sebagai dosen di beberapa universitas di Semarang. 

Di grup Rumbel English diwajibkan semua anggotanya berbahasa Inggris, meski bu Vanny tidak melarang jika masih campur-campur. Namanya juga belajar kan ya?

Actually... don't be afraid of making mistake. We have learned English for 9 or 12 years (elementary, junior high and senior high school). We have got all of the grammar.  We just need a medium to practice it. And the best way to learn something is to teach it. 90% learning success is achieved from teaching others. Make your kids as your student.
Itulah wejangan pembuka dari Bu Vanny untuk menyemangati member Rumbel English. Ya, selain untuk berlatih berkomunikasi, tujuan utama dari Rumbel English ini adalah agar para ibu bisa menjadi guru bahasa Inggris pertama bagi putra-putrinya.

Bu Vanny kemudian juga menambahkan 'kudapan sehat' agar kami semakin semangat. Mau tahu apa kudapannya? This is it.

Sebagai bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh penjuru dunia, bahasa Inggris bukan suatu hal yang asing lagi. Namun, sebagian orang masih menganggap bahasa Inggris sulit untuk dipelajari. Padahal, terdapat banyak alasan penting mengapa kita harus belajar bahasa Inggris.

Dilansir dari 5 Minutes English, Sabtu (2/5/2015), berikut 10 alasan pentingnya belajar bahasa Inggris.



1. Bahasa Inggris adalah bahasa yang umum
Ketika mengunjungi negara lain di seluruh penjuru dunia, tentu kamu tidak memahami bahasa setempat. Tapi, karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang umum, sebagai orang asing di suatu wilayah kamu bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

2. Kesempatan kerja
Fasih dalam berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan karena kamu bisa berbicara dua bahasa. Bahkan, kamu bisa mendapatkan karier internasional jika kemampuan berbahasa Inggrismu sangat baik.

3. Inovasi dan perkembangan ekonomi
Selain China, Amerika masih menjadi negara yang menguasai perkembangan inovasi dan ekonomi dunia. Dan bahasa Inggris banyak digunakan di kedua bidang tersebut.

4. Bahasa Inggris sebagai bahasa adaptasi
Setiap negara yang pernah dijajah dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Oleh karena itu, bahasa Inggris biasa diadaptasi sebagai bahasa kedua, seperti di Jerman, Norwegia, Swedia, Denmark, dan Belanda.

5. Pengetahuan
Bahasa Inggris adalah bahasa pengetahuan. Banyak informasi dikemas menggunakan bahasa Inggris. Untuk itu, bagi kamu yang ingin mendapat dan menguasai banyak pengetahuan, kamu harus bisa bahasa Inggris.

6. Mudah
Bahasa Inggris didasarkan oleh huruf alfabet yang sering digunakan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan bahasa lain yang memiliki huruf-huruf tertentu, tentu belajar bahasa Inggris akan lebih terasa mudah.

7. Bahasa perfilman
Dunia perfilman dunia didominasi oleh film yang menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu menguasai bahasa Inggris, kamu tidak memerlukan penerjemah saat sedang menonton film berbahasa Inggris.

8. Membuka kesempatan
Fasih berbicara dalam bahasa Inggris membuka berbagai kesempatan untukmu tanpa harus memerhatikan etnik, warna kulit, dan latar belakang.

9. Belajar bersama
Kamu bisa mengajari orang lain untuk belajar bahasa Inggris jika kamu memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Setelah itu, jika sudah sama-sama bisa, kamu dan rekanmu bisa sama-sama menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

10. Mendapat banyak uang
Prospek pekerjaan lebih banyak didapatkan oleh orang yang bisa berbahasa Inggris.

So, setelah mengetahui 10 manfaat kece itu, pede aja lagi. Nggak usah takut salah, percaya deh yang diajak ngomong juga paling tidak paham kesalahan kita kok 😅.  Asal inti maksud yang ingin kita sampaikan dia paham, tidak masalah. Komunikasi bisa lanjut. 

Bahkan orang asing/ native speaker cenderung ngomong pelan dan pronunciationnya dipelankan dan dibuat sejelas mungkin supaya kita paham yang dia ucapkan 

Siap cas cis cus berbahasa Inggris?
 

0 comments:

Posting Komentar

Salam Kenal



Perkenalkan kami
Komunitas Ibu Profesional Semarang, blog ini berisi tentang informasi kegiatan dari komunitas kami juga beberapa artikel berkaitan dengan
women empowerment dan parenting.

Untuk bekerjasama dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di ibuprofesionalsemarang@gmail.com.

Popular Posts